Selamat Datang di Komunitas Peduli Halal dan Thoyib

Semoga Allah SWT menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang selalu menjaga diri dan keluarganya dari mengkonsumsi produk yang belum dan tidak jelas kehalalannya

SELAMAT DATANG DI KOMUNITAS PEDULI HALAL DAN THOYIB

Senin, 08 Agustus 2011

Sehat dengan si pahit Brotowali
 
Indonesia sangat kaya dengan berbagai jenis tumbuhan, termasuk tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat. Salah satu tumbuhan yang dikenal sebagai obat adalah Brotowali yang memiliki rasa pahit. Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan atau tanaman yang sering dipakai sebagai obat alami.
Tanaman itu juga dikenal dengan nama daerah Andawali, antawali, bratawali, putrawali atau daun gadel. Brotowali merupakan tumbuhan liar yang banyak dijumpai di hutan, ladang atau biasa bisa ditanam sebagai tanaman pagar. Brotowali tumbuh merambat dan hidup subur di daerah tropik (panas).

Tumbuhan Brotowali memliki batang sebesar ibu jari kelingking atau jari-jari tangan dan bagian kulit batangnya berbintil-bintil. Daunnya besar, tunggal dan berbentuk seperti jantung agak bulat telur berujung lancip dengan panjang 7-12 cm dan lebar 5-10 cm.
Tumbuhan tersebut kaya kandungan kimia yang bermanfaat untuk proses pengobatan, antara lain alkaloid, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, harsa, berberin, palmatin, kolumbin (akar), kokulin (pikrotoksin).

Zat pahit pikroretin dan alkaloid berberina misalnya ternyata mengandung senyawa ampuh untuk membunuh bakteri jahat di saluran pencernaan, termasuk cacing. Senyawa ini juga dipercaya mampu menekan tumbuhnya bakteri penyebab infeksi, terutama pada luka luar, luka gores atau luka memar.
Brotowali bersifat analgetik yaitu penghilang rasa sakit, antipiretik yaitu penurun panas, melancarkan meridian/ aliran chi. Dalam Farmologi Cina disebut tumbuhan ini memiliki sifat sejuk dengan rasa yang pahit.

Berdasarkan berbagai literatur dan catatan pengalaman yang turun temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, ahli pengobatan tradisional dan akupuntur, Brotowali berkhasiat untuk mengobati kencing manis (diabetes melitus), demam, radang hati (hepatitis), rematik, sakit perut, diare, malaria, kudis, koreng, dan membantu untuk menambah nafsu makan.

Untuk mendapatkan khasiat dari Brotowali ini, kini Anda tidak perlu repot mencari tanaman brotowali dan memprosesnya. Brotowali bisa Anda dapatkan dalam bentuk kapsul. Dengan takaran yang tepat dan terukur Anda bisa mendapatkan khasiat Brotowali yang sudah dikenal masyarakat sejak lama untuk pengobatan.
Mulai saat ini sediakan Brotowali di kotak lemari obat Anda. Brotowali yang didistribusikan merupakan ramuan herbal yang sudah terbukti unggul dalam kualitas, handal dalam khasiat. Mari kita kembali ke pengobatan alami atau pengobatan herbal. Segera hubungi mitrasalur terdekat Anda.
(MNZ, dari berbagai sumber) dari http://www.ahadnet.com/

HARGA Rp 60.000,-*

Dapatkan segera :
Di Mitrasalur Atrium
Komplek Pertokoan Atrium, Blok H18-21
Segitiga Senen, Jak-Pus
Telp :(021).3521388-89


*) Harga sewaktu-waktu dapat berubah, sesuai dengan kebijakan yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk kesediaanya mengisi kolom komentar berikut ini: