Selamat Datang di Komunitas Peduli Halal dan Thoyib

Semoga Allah SWT menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang selalu menjaga diri dan keluarganya dari mengkonsumsi produk yang belum dan tidak jelas kehalalannya

SELAMAT DATANG DI KOMUNITAS PEDULI HALAL DAN THOYIB

Rabu, 14 September 2011

KEKUATAN JARINGAN KUNCI SUKSES BISNIS MLM

Bisnis MLM bukan hanya sekedar bisnis jual beli, namun di dalamnya juga terdapat proses rekrutmen atau membangun jaringan termasuk bisnis di AHAD-NET. Orang-orang yang sukses dalam bisnis MLM adalah orang yang dapat membangun jaringan secara luas. Namun banyaknya jaringan ternyata tidak membuat orang tersebut sukses terus menerus, karena adakalanya jaringan ini hancur atau bercerai berai. Untuk itu perlu dibangun jaringan yang kuat, agar bisa tetap solid.

Dalam Islam, membangun jaringan yang kuat merupakan salah satu perintah Allah SWT, sesuai dengan Firmannya, “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan ni`mat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena ni`mat Allah orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk”. (Q.S. Ali Imran ayat 4). Selain itu, membangun jaringan yang kuat juga disukai oleh Allah SWT, sesuai dengan Firman-Nya yang tertuang dalam surat Ash-Shaff 4 ayat yang artinya, “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh”.

Dalam bisnis MLM, salah satu cara agar jaringan menjadi kuat adalah dengan melakukan pembinaan secara intens atau terus menerus. Dan berikut ini beberapa cara pembinaan yang sebaiknya dilakukan agar jaringan kita menjadi kuat dan solid.

1.    Melakukan pertemuan; karena pembinaan disini lebih mengutamakan motivasi dan semangat, maka pertemuan adalah salah satu cara paling efektif. Pertemuan bisa berbentuk home sharing, Ikhbar AHAD, Forsa, SPT, LPP atau yang lainnya.

2.    Terus berhubungan; adakalanya mitramuda kita tidak memiliki waktu luang untuk bisa mengikuti pertemuan, namun hal tersebut tidak boleh mengendorkan semangat kita untuk terus membinanya. Walaupun sekedar menanyakan kabar, menanyakan apakah perlu bantuan dan lain sebagainya baik secara langsung maupun melalui telepon.

3.    Berikan perhatian; yaitu selalu melakukan monitoring. Hanya saja perlu hati-hati dalam melakukan pemantauan ini. Jangan ada kesan menyuruh, atau memberi instruksi. Tetap dalam rangka menawarkan bantuan. Kalau terlihat ada kesulitan, selalu berikan bantuan sebelum diminta. Kalau lesu, kehilangan motivasi, cepat-cepat berikan suntikan motivasi, jangan biarkan berlarut-larut.

4.    Berikan reward; yaitu selalu memberikan penghargaan atau apresiasi sekecil apapun prestasi mitra kita. Meskipun sekedar tepuk bahu dengan memberikan ucapan selamat. Contohnya, “Selamat Anda berhasil naik peringkat”. “Selamat Anda selalu bergerak”, dan ucapan lain sebagainya.


(AM) dari www.ahadnet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk kesediaanya mengisi kolom komentar berikut ini: