Selamat Datang di Komunitas Peduli Halal dan Thoyib

Semoga Allah SWT menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang selalu menjaga diri dan keluarganya dari mengkonsumsi produk yang belum dan tidak jelas kehalalannya

SELAMAT DATANG DI KOMUNITAS PEDULI HALAL DAN THOYIB

Senin, 08 Agustus 2011

Meniran
Herbal Peningkat kekebalan Tubuh

Satu lagi tanaman yang tumbuh di sekitar kita, ternyata kaya manfaat untuk kesehatan kita. Tanpa disadari sebenarnya tanaman ini sering kita jumpai. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di halaman rumah kita, kadang juga di samping pagar dengan tanaman herba lainnya. Masyarakat menyebut tanaman ini Meniran ( Phyllantus Niruri).

Meniran merupakan tanaman semak yang tumbuh di daerah tropis. Selain sering tumbuh di pekarangan rumah tanaman ini juga sering dijumpai tumbuh liar di hutan, di ladang, dan di tempat yang tanahnya lembab, berpasir, di tepi sungai dan di pantai.

Meniran dapat tumbuh pada ketinggian hingga 1.000 meter dari atas permukaan laut. Tingginya mencapai 30-60 cm. Kalau sedang mekar, bunganya seperti hamparan warna kuning. Tanaman ini dikenal sebagai 'pemecah batu' karena akarnya yang kuat.

Walaupun tumbuh liar namun tanaman berkhasiat sebagai obat untuk tubuh kita. Hampir semua bagian tanaman meniran berkhasiat obat. Banyak literatur yang menunjukkan bahwa secara turun temurun meniran dipercaya dapat menyembuhkan penyakit-penyakit yang terkait dengan saluran empedu dan diuretic (peluruh air seni). Meniran ternyata juga mampu membantu menurunkan jumlah virus hepatitis B yang ditemukan dalam darah.
Menurut berbagai referensi khasiat meniran di antaranya untuk ginjal, batu empedu, hepatitis, masuk angin/pilek, flu, tuberkulosis, dan infeksi virus lainnya.

Meniran juga terbukti efektif pada penyakit-penyakit hati seperti penyakit kuning dan kanker hati. Kadang kala tumbuhan dari kerabat jarak pagar itu digunakan untuk mengatasi infeksi bakter, seperti cystitis (radang kandung kemih), prostatitis (peradangan prostat), dan infeksi saluran kencing.

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa meniran memiliki aktivitas imunomodulator. Imunomodulator berperan membuat sistem imun lebih aktif dalam menjalankan fungsinya, menguatkan sistem imun tubuh (imunostimulator) atau menekan reaksi sistem imun yang berlebihan (imunosuppressan). Dengan demikian, kekebalan atau daya tahan tubuh kita selalu optimal sehingga tetap sehat ketika diserang virus, bakteri, dan mikroba lainnya.

Kandungan kimia yang bermanfaat dari meniran adalah flavonoid. Pada tanaman lainnya kandungan flavonoid sebenarnya juga ada, bedanya pada meniran aktivitas penigkatan sistem imunnya ternyata lebih baik.

Sebagai imunomodulator, meniran tidak semata-mata berefek meningkatkan sistem imun, namun juga menekan sistem imun apabila aktivitasnya berlabihan. Jika aktivitas sistem imun berkurang, maka kandungan flavonoid dalam meniran akan mengirimkan sinyal intraseluler pada reseptor sel untuk meningkatkan aktivitasnya. Sebaliknya jika sistem imun kerjanya berlebihan, maka meniran berkhasiat dalam mengurangi kerja sistem imun tersebut. Jadi, meniran berfungsi sebagai penyeimbang sistem imun.
Alhamdulillah kini Ahad-Net telah menyediakan untuk Anda. Manfaatkanlah herbal alami untuk kesehatan Anda dan keluarga. Sediakan selalu meniran di rumah Anda.
(MNZ dari berbagai sumber) dari http://www.ahadnet.com/


HARGA Rp 60.000,-*

Dapatkan segera :
Di Mitrasalur Atrium
Komplek Pertokoan Atrium, Blok H18-21
Segitiga Senen, Jak-Pus
Telp :(021).3521388-89


*) Harga sewaktu-waktu dapat berubah, sesuai dengan kebijakan yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk kesediaanya mengisi kolom komentar berikut ini: